Baikkah Susu Rendah Lemak untuk Dikonsumsi?



Berencana untuk diet? Mengurangi berat badan biasanya dijadikan resolusi awal tahun, dengan cara mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dengan memperbanyak buah dan sayuran serta mengurangi konsumsi lemak berlebhan. Maka lebih banyak orang yang memiih produk yang memiliki jargon rendah lemak, salah satunya produk susu rendah lemak.

Memang kita telah diprogram untuk memilih semua hal yang rendah lemak atau bebas lemak, mulai dari produk keju, yogurt atau skim milk, jika ingin hidup lebih sehat dan lebih langsing. Tapi apakah benar, segala macam produk susu turunan yang mengandung susu rendah lemak atau bebas lemak merupakan pilihan yang baik untuk tubuh kita?

Dalam salah satu ulasannya Dr Josh Axe menyatakan bahwa tubuh kita memerlukan lemak. Namun lemak disini adalah lemak sehat dan baik. Namun seperti yang direkomendasikan ketika Anda hendak menjalani hidup sehat dan mengurangi berat badan, adalah dengan mengurangi asupan lemak.

Dalam sebuah studi yang dikeluarkan oleh Circulation di tahun 2016, para ahli nutrisi dan gizi mempertimbangkan pandangan mereka mengenai susu full cream atau susu penuh lemak. Karena studi yang mereka lakukan menunjukkan dari 3.300 orang yang menikmati produk susu full cream (susu penuh lemak) 46% lebih rendah terkena diabetes tipe 2 dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi susu rendah lemak.

Dan studi lainnya yang diterbitkan dalam The American Journal of Nutrition di tahun 2016, para peneliti mempelajari bahwa lebih dari 18.000 wanita  dan mendapati wanita yang mengkonsumsi produk susu tinggi lemak (susu full cream) memiliki resiko 8% lebih rendah untuk kelebihan berat badan atau obesitas dibandingkan dengan kelompok wanita yang mengkonsumsi produk susu rendah lemak.

Dari studi tersebut bisa disimpulkan bahwa produk susu rendah lemak bukan jaminan yang baik untuk diet. Malah dengan mengkonsumsi produk susu tinggi lemah akan membantu orang merasa kenyang lebih lama. Selain itu produk susu rendah lemak sering sarat dengan tambahan gula yang merupakan faktor penyebab terbesar untuk penyakit diabetes tipe 2, penyakit jantung bahkan kanker.



Saran Sehat Mengenai Produk Susu 

  1. Lebih baik mengkonsumsi yang organik, produk susu yang diolah dengan cara fermentasi dari susu sapi atau susu kambing.
  2. Jika memilih susu sapi, selalu utamakan susu organik dimana berasal dari sapi yang memakan rumput.
  3. Jika memilih susu sapi segar yang tidak melalui proses. Usahakan memilih susu sapi yang berasal dari sapi yang sehat. Dikarenakan beberapa sapi telah mengalami mutasi genetika yang mengakibatkan A1 inflamasi protein beta kasein, seperti yang dialami di antara Sapi Holstein di Amerika
Sumber: draxe





Share:

0 comments