Resep Sup Pangsit Rebus Khas Mama Cirebon


Saya dan anak suka banget dengan sup pangsit. Tapi sayang tidak ada pangsit yang enak di sekitar rumah. Nah..oleh sebab itulah saya belajar membuatnya. Yang penting dari resep sup pangsit rebus adalah kulit pangsit dan isinya. Namun keduanya itu belum saya temui sampai pada hari ini.

Beberapa kulit pangsit yang tersedia di pasar, beberapa ada yang rasanya agak pahit ketika direbus, maka setelah mencoba beberapa kulit pangsit yang dijual di pasar, saya cocok dengan kulit pangsit AA produksi Sumber Sari Jakarta. 

Kemudian yang kedua terpenting adalah kuahnya. Kadang kuah pangsit yang saya buat kaldunya terasa amis dari ayamnya. Akhirnya saya menambahkan setangkai seledri sebagai penambah rasa wangi.

Simak saja resep sup pangsit rebus ini.

Tantangan pertama adalah kaldu ayam. Untuk memperoleh rebusan kaldu yang bening, yang harus diperhatikan adalah merebus dengan api kecil. Setelah mendidih, masukkan  satu atau dua seledri yang besar. dan biarkan sampai mendidih.Kemudian beri garam secukupnya. Setelah agak dingin, saya menyaring air kaldu tersebut agar bersih.

Tulang yang saya gunakan adalah tulang dari paha ayam yang sebelumnya saya telah keprek, agar sumsum tulang ayam dapat meresap.

Bahan-bahan resep sup pangsit rebus

2 potong paha ayam, pisahkan daging dan tulang. kemudian tulang untuk membuat kaldu dan daging paha di cincang halus
2 sdm ebi, pilih ebi yang tidak terlalu asin, saya menggunakan ebi dari cirebon yang rasanya sudah pasti. Goreng ebi tersebut dengan sedikit minyak dan api sedang. Kemudian tumbuk hingga halus.
1 suing bawang putih, kupas dan tumbuk dengan ebi yang telah digoreng.
2 tangkai seledri diiris kecil untuk taburan
Garam secukupnya

Campurkan semua bahan dan aduk hingga merata.

Siapkan kulit pangsit tuangkan 1 sdt isian pangsit kemudian lipat. 

Buat secukupnya saja, jika hendak buat lagi, bisa disiapkan kembali. Karena kulit pangsit yang telah diisi, walau disimoat di tempat kering dan dingin, nantinya akan lengket satu sama lain atau bahkan melekat pada wadah penyimpanannya.

Kemudian pangsit yang telah diisi direbus dalam air yang telah mendidih, tunggu hingga 3 menit atau sampai pangsit mengapung.

Ambil pangsit dan tuangkan ke dalam mangkuk bersih yang telah disiapkan, kemudian tuangkan air kaldu yang telah dibuat. Taburkan seledri.
Sup pangsit rebus telah siap dihidangkan.


Demikian sup pangsit rebus khas Mama Cirebon, selamat mencoba

Share:

0 comments