Manfaat Buah Nangka Bagi Kesehatan


Nangka, buah yang besarnya bisa mencapai 4 kilogram per buahnya ini, bisa dikategorikan buah terbesar ini di dunia. Ditambah lagi manfaat buah nangka yang  banyak mengandung magnesium yang tinggi, vitamin B6 dan antioksidan.

Buah nangka bukan hanya sedap untuk dimakan langsung, namun juga bisa dibuat selai, kripik, dijadikan dodol dan es krim atau ditambahkan ke sayur jika nangka tersebut masih muda.

Kandungan nutrisi dalam buah nangka, membuat manfaat buah nangka menjadi luar biasa, seperti; meningkatkan kekebalan tubuh, meningkatkan kadar magnesium, meningkatkan pencernaan dan lainnya.

Berikut adalah manfaat buah nangka

1. Meningkatkan imunitas dan diduga membantu melawan kanker

Buah nangka adalah buah dengan kandungan vitamin C yang mengandung banyak antioksidan dan fitonutrien yang berguna untuk melawan kanker. Selain itu, kita juga memerlukan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang masuk ke tubuh setiap hari dan antioksidan dalam buah nangka dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dengan menendang radikal bebas ke pinggir jalan.

Menurut Penn State University, dengan mengkonsumsi antioksidan, kita dapat menetralisir radikal bebas, yang membantu melawan beberapa jenis kanker dan dapat memberikan sistem kekebalan tubuh dukungan yang dibutuhkan. Selain itu, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam edisi Oktober 2012 dari jurnal Carcinogenesis menemukan bahwa vitamin C meningkatkan aktivitas enzim antioksidan penting yang membantu mencegah kanker payudara. Dari kedua hal ini, maka buah nangka merupakan makanan yang berpotensi untuk melawan kanker.

2. Meningkatkan Magnesium

Seperti yang kita ketahui, magnesium sangat penting untuk struktur tulang kita. Perempuan adalah yang paling berisiko kekurangan magnesium.

Satu cangkir nangka mengandung 15 persen dari nilai harian yang direkomendasikan dari magnesium. Hal ini menjadikan nangka pilihan yang bagus untuk menambah diet Anda, terutama karena magnesium dapat membantu mengurangi risiko banyak penyakit, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan penyakit jantung, selain dari tulang yang kuat.

3. Mengurangi Risiko Penyakit Kardiovaskular

Buah nangka memiliki kandungan vitamin B6. Dan vitamin B6 bersama dengan asam folat dan vitamin B12 yang dapat membantu mengurangi penyakit jantung. Hal ini terjadi karena tingkat yang lebih rendah dari homosistein, yang merupakan asam amino dan blok bangunan penting dari protein.

Sebuah uji klinis yang dikenal sebagai Heart Outcomes Prevention Evaluation 2 yang melibatkan lebih dari 5.500 orang dewasa dengan penyakit jantung diketahui bahwa suplementasi vitamin B6, B12 dan asam folat untuk jangka waktu lima tahun dapat mengurangi kadar homosistein, yang artinya membantu penurunan risiko penyakit jantung dan stroke risiko sekitar 25 persen.

4. Meningkatkan Pencernaan

Nangka mungkin menjadi pilihan utama bagi siapa yang menderita sembelit atau masalah pencernaan, dan itu berasal dari biji dan buah nangka yang amat berguna. Bijinya mengandung dari serat makanan yang baik, dan seperti yang kita tahu, makanan tinggi serat tidak hanya membantu dengan sembelit, tetapi mereka membantu mengenyangkan, yang dapat berkontribusi untuk berat badan.

5. Membantu Mencegah Osteoporosis
Magnesium merupakan bahan dasar untuk membangun tulang. Dan buah nangka mengandung kalsium, yang dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis, atau bahkan osteopenia, yang merupakan awal timbulnya osteoporosis.

The National Osteoporosis Foundation melaporkan bahwa tulang dan gigi kita mengkompilasi sekitar 99 persen dari kalsium ditemukan dalam tubuh kita. Namun, kita kehilangan kalsium melalui kulit kita, kuku dan bahkan keringat kita setiap hari. Masalahnya adalah tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium, yang berarti kita harus mendapatkannya melalui makanan yang kita makan. Ketika kita tidak melakukan itu, tubuh masuk ke tulang kita untuk mendapatkan kalsium yang dibutuhkan. Ini adalah ketika osteopenia, yang mengarah ke osteoporosis, dapat terjadi. Satu porsi nangka mengandung sekitar 6 persen dari tunjangan harian yang direkomendasikan kalsium, sehingga buah nangka merupakan sumber yang kuat untuk membantu mencegah osteoporosis.

Sumber

Share:

0 comments